Resume Sekolah Danlap HMP Day 6
Hari ini, hari Sabtu, 29 Juni 2019 merupakan hari pertemuan day enam dari sekolah komandan lapangan HMP. Hari ini juga merupakan hari yang tidak biasa, karena kami panggilan di pagi hari yaitu jam delapan pagi dan bertempat di ITB kampus Jatinangor, yaitu di sebelah selatan gedung perpustakaan. Pada pertemuan kali ini, dimulai dengan jogging mengelilingi perpustakaan dan gedung GSG ITB Jatinangor. Kemudian, materi yang kami dapatkan adalah olah ruang ITB kampus Jatinangor. Sama seperti pertemuan sebelumnya, kami diminta untuk melihat tempat-tempat yang dapat digunakan untuk melakukan MPAK, namu dikhususkan dengan mata acara interaksi lapangan. Kami juga disuruh untuk menghitung kapasitas dari tempat tersebut, estimasi waktu mobilisasi dari tempat satu ke tempat lainnya dan SWOT masing-masing tempat.
Selanjutnya, kami diajarkan tentang cara membuat teknis lapangan atau teklap. Teklap ada untuk sebagai acuan semua panitia baik yang lapangan maupun yang non-lapangan dalam bertugas di suatu acara. Walaupun teklap itu acuan, namun teklap itu sifatnya juga dinamis karena teklap dapat sewaktu-waktu berubah sesuai dengan lapangan pada hari-H. Teklap memiliki komponen utama yaitu, waktu, kegiatan (mata acara), tempat dan jalur mobilisasi, pendetailan mata acara, serta pendetailan panitia (spotting). Teklap juga memiliki komponen pelengkap yaitu, save time (batas waktu keterlambatan, plan ABC, flow), pembahgian tugas peserta, PIC (Person In Charge), keterangan, dan nomor darurat (korlap, danlap, K3L, dan ambulance rumah sakit terdekat). Setelah dijelaskan mengenai teklap, kami diberi tugas untuk membuat teklap suatu pertemuan MPAB/MPAK.
Setelah selesai membuat teklap, kami mobilisasi ke tempat lain yaitu amphi. Di amphi kami diberikan tugas untuk orasi dengan pembawaan masing-masing tentang materi hari ini. Kami diberikan waktu untuk memikirkan teks orasi selama tiga puluh detik. Kami diminta untuk orasi berantai dan masing-masing orang punya waktu satu menit untuk berorasi. Setelah itu kami forum evaluasi dan dalam forum itu juga kami membahas tentang pembawaan yang cocok untuk kami dan yang kami inginkan untuk berorasi saat sudah menjadi komandan lapangan nanti.
Selanjutnya, kami diajarkan tentang cara membuat teknis lapangan atau teklap. Teklap ada untuk sebagai acuan semua panitia baik yang lapangan maupun yang non-lapangan dalam bertugas di suatu acara. Walaupun teklap itu acuan, namun teklap itu sifatnya juga dinamis karena teklap dapat sewaktu-waktu berubah sesuai dengan lapangan pada hari-H. Teklap memiliki komponen utama yaitu, waktu, kegiatan (mata acara), tempat dan jalur mobilisasi, pendetailan mata acara, serta pendetailan panitia (spotting). Teklap juga memiliki komponen pelengkap yaitu, save time (batas waktu keterlambatan, plan ABC, flow), pembahgian tugas peserta, PIC (Person In Charge), keterangan, dan nomor darurat (korlap, danlap, K3L, dan ambulance rumah sakit terdekat). Setelah dijelaskan mengenai teklap, kami diberi tugas untuk membuat teklap suatu pertemuan MPAB/MPAK.
Setelah selesai membuat teklap, kami mobilisasi ke tempat lain yaitu amphi. Di amphi kami diberikan tugas untuk orasi dengan pembawaan masing-masing tentang materi hari ini. Kami diberikan waktu untuk memikirkan teks orasi selama tiga puluh detik. Kami diminta untuk orasi berantai dan masing-masing orang punya waktu satu menit untuk berorasi. Setelah itu kami forum evaluasi dan dalam forum itu juga kami membahas tentang pembawaan yang cocok untuk kami dan yang kami inginkan untuk berorasi saat sudah menjadi komandan lapangan nanti.
Comments
Post a Comment